Bingung Membedakan Antara Shared Hosting Dan VPS Hosting? Temukan Solusinya Hanya Di Sini.

Bingung Membedakan Antara Shared Hosting Dan VPS Hosting? Temukan Solusinya Hanya Di Sini.

Anda dalam memilih hosting mengalami kebingungan? Merasa bingung itu wajar saja ketika ingin memilih layanan hosting indonesia. Karena ketika mencari kata hosting di google maka yang anda temukan berbagai jenis produk dari layanan hosting itu sendiri dengan banyaknya spesifikasi yang sudah di sediakan.

Mungkin bisa saja ulasan yang muncul mengenai shared hosting, VPS hosting dan terdapat pula ulasan mengenai cloud hosting dan sebagainya. Sehingga anda juga berfikir perbedaan dari ketiga elemen itu apa?. Di dalam artikel ini merupakan ulasan yang menjelaskan mengenai perbedaan dua jenis yaitu share hosting dan VPS hosting.

Shared hosting

Shared hosting adalah sebuah jenis dari hosting yang servernya bisa dikelola oleh pengguna user yang lain. Jadi anda harus berbagi fasilitas hosting tersebut. apa sajakah itu? seperti  kecepatannya dari shared hosting, disk spacenya, serta aspek penunjang lainnya. Kelebihan dari shared hosting adalah sangat cocok bagi para pemula, dimana memiliki fasilitas yang lengkap, dan harganya yang cukup ekonomis. Sedangkan kelemahannya yaitu sesuai dengan penjelasan di awal jika shared hosting bisa digunakan oleh beberapa user maka jika ada user yang memakai fasilitasnya berlebihan maka user yang lain juga akan terkena dampaknya.

  • Kelebihan dari layanan shared hosting
  • Penyedia layanan akan melakukan pembaruan, keamaan, serta pengelolaan yang ada si server.
  • Harga shared hosting terjangkau atau yang paling murah.
  • Kekurangan dari layanan shared hosting
  • Sumber daya dan penggunaannya terbatas.
  • Akses yang dimiliki lambat karena banyak pengguna yang menggunakan website di shared hosting secara bersama-sama.
  • Salah satu dari jenis hosting yang digunakan dengan cara bersama sehingga semua pengguna lain yang satu server juga akan terkena efeknya.

VPS Hosting

VPS atau kata lain dari “Virtual Private Server” ialah private server yang memiliki arti yaitu layanan tersebut sudah menjadi milik anda secara pribadi. Pada layanan ini sudah menyediakan beberapa resource yang dapat dipakai secara pribadi atau tidak perlu digunakan oleh pengguna yang lain. Dengan kata lain VPS berfugsi untuk membuat suatu web supaya menjadi online sehingga dapat diakses oleh semua kalangan di dunia maya. Oleh sebab itu, banyak dari berbagai kalangan yang menggunakannya.

  • kelebihan dari layanan VPS hosting yaitu:
  • terdapat resource dedicated. Yang memiliki arti yaitu anda sebagai pemakai tidak perlu berbagi RAM, disk space ataupun CPU power.
  • Adanya stabilitas dalam layanannya sudah terjamin. Karena VPS sudah menyediakan layanan resource dedicated yang semua resource sudah dialokasikan dan sudah dikelola ke user maka anda tidak perlu khawatir jika ada user yang memakai kapasitas lebih banyak.
  • Tingginya biaya yang ditawarkan merupakan perbedaan yang saling signifikan. Nah, dilayanan ini, anda akan mendapatkan sebuah akses kontrol secara penuh dan akses root terhadap resource yang telah diberikan. Maka dari itu, anda nantinya dapat mengelola website dengan resource tinggi, menginstall beberapa sistem operasi dan masih banyak lagi yang anda dapatkan.
  • Kekurangan dari VPS hosting
  • Membutuhkan skill untuk mengelola VPS hosting
  • Harga lebih mahal dari layanan hosting lainnya.

Perbedaan Keduanya

Terdapat perbedaan yang signifikan antara share hosting dan VPS hosting. Apa saja bedanya? Yuk baca ulasannya di bawah ini. VPS lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, namun VPS juga bisa memberikan tawaran harga yang murah. Jadi VPS murah juga ada sesuai dengan nilai kualitasnya. Selain itu feedback yang anda dapatkan tentunya lebih banyak ketika menggunakan VPS hosting. Apa saja itu? Mulai dari batas untuk sumer dayanya, fleksibilitasnya dan juga keamanan .

Perbedaan yang menonjol antara shared hosting dan VPS hosting ditunjukkan melalui beberapa fakta yaitu:

Fakta terkait shared hosting

  • Shared hosting adalah salah satu jenis hosting termurah
  • Performa yang digunakan pada situs wes terbilang rendah.
  • Tidak memiliki sumber daya yang khusus.
  • Kinerja anda akan dipengaruhi oleh situs tempat servernya.
  • Tingginya sebuah resiko keamannya.

Fakta terkait VPS hosting

  • Kualitas VPS lebih memiliki daya hemat yang lama dibandingkan dengan shared hosting.
  • Dapat menyesuaikan kontrol yang ada.
  • Harganya lebih mahal dari pada shared hosting namun memiliki banyak manfaat serta banyak feedback yang di peroleh.
  • Karena kualitas tiak diragukan maka memerlukan skill atau pengetahuan untuk teknis dasar.

Jika sudah menetahui perbedaannya anda harus memilih hosting yang berkualitas. kenapa? Karena hosting berkulitas memiliki peranan yang sangat penting untuk keadaan serta kondisi website anda. Hosting yang berkualitas memiliki peranan sebagai berikut:

a) Hosting yang berkualitas memiliki wadah penyimpanan data dan file pada website. Semakin besar website yang anda miliki maka kapasitas hostingnya yang anda butuhkan juga besar.

b) Melindungi website agar tidak diserang oleh hacker. Karena jika hosting anda lemah maka peluang yang hacker untuk menguasai website anda semakin leluasa. Website yang mudah dihack adalah anda yang salah ketika memilih hosting untuk website anda. Jadi sebisa mungkin anda harus sangat jeli dalam memlih hosting ya sahabat.

Jika anda sudah mengetahui perbedaan antara shared hosting dan VPS hosting maka anda dapat menyusun manakah spesifikasi dari keduanya yang cocok dan yang anda butuhkan untuk website anda.

Bagaimana? menarik bukan? semoga artikel ini dapat membawa manfaat dan dapat menjadi refernsi dalam menentukan langkah yang akan anda ambil selanjutnya. Terimakasih